Wednesday, March 5, 2014

6 Khasiat Jambu Biji untuk kesehatan

Jx18 - Jambu biji adalah buah yang bisa di ditemukan di berbagai tempat. Pohon jambu biji bisa tumbuh di pekarangan tanpa harus diberi perawatan khusus. Jika dilihat dari warna daging buahnya, jambu biji bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu jambu biji merah dan jambu biji putih.
Keduanya memiliki kandungan gizi berupa Vitamin A, Vitamin C, dan serat yang sangat melimpah dan bermanfaat untuk kesehatan anda. Beberapa orang beranggapan bahwa bijinya bisa menimbulkan penyakit usus buntu. Namun jangan khawatir, anda bisa menysiasati hal ini dengan menjadikan jambu biji sebagai jus.
Sekarang juga sudah ada varietas baru jambu biji yang tidak memiliki biji, sehingga anda bisa tetap mendapatkan manfaat jambu biji tanpa perlu khawatir dengan bijinya. Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh anda.
  • Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung. Mengkonsumsi jambu biji sebanyak 0,5-1 kg per hari selama satu bulan dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung hingga 15% karena kandungan antioksidan seperti zat kalium dan likopen yang tinggi dalam buah ini. Zat kalium sendiri adalah salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan serta kolesterol dalam darah. Sedangkan zat likopen adalah zat yang sama yang terdapat dalam daun sirsak yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker rongga mulut, tenggorokan, usus, serta dubur.
  • Kesehatan Kulit. Bah ini mengandung Vitamin A, C dan E yang sangat tinggi yang berguna dalam proses peremajaan kulit sehingga kulit akan tampak mulus dan awet muda serta terbebas dari kulit kering dan keriput.
  • Mengobati Sembelit. Jambu biji juga kaya akan serat dan dapat melancarkan pencernaan sehingga kita akan terbebas dari perut sembelit serta beberapa masalah pencernaan lain.
  • Mengatasi Diare. Kunyah tiga lembar daun jambu biji muda yang masih segar dengan sedikit garam. Lakukan cara ini paling tidak dua kali sehari selama anda masih diare.
  • Mengobati Luka Luar. Tumbuk beberapa lembar daun jambu biji hingga halus dengan sedikit air, lalu tempelkan pada daerah yang mengalami luka sayatan atau memar.
  • Mengobati Sariawan. Rebus 6 lembar daun jambu biji muda dan 2 lembar daun sirih dalam 3 gelas air. Setelah air kira-kira tinggal tersisa dua gelas, maka diamkan hingga dingin lalu gunakan untuk berkumur.
Source/Sumber : http://artikel.co/2053/khasiat-jambu-biji-bagi-kesehatan-tubuh-anda.html

No comments:

Post a Comment