Monday, November 2, 2015

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol -Tingginya kadar kolesterol dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu faktor keturunan dan pola hidup seperti kebiasaan makan, olah raga dan lain-lain. Untuk dapat menurunkan kolesterol, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. kurangi makanan fast food / junk food.
Kadar kolesterol yang dikatakan normal adalah < 200 mg/dL. Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh sebenarnya tidak memberikan gejala apapun.
Pada beberapa orang yang sensitif biasanya akan timbul gejala sakit kepala, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada kebanyakan orang. Meskipun kolesterol tinggi jarang menimbulkan gejala namun hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit metabolik, penyakit jantung, penyakit pembuluh darah dan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu, untuk 3 bulan pertama dianjurkan untuk melakukan modifikasi gaya hidup dengan pola makan, istirahat dan olahraga yang baik.
Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang.
Makanan rendah kolesterol diantaranya:
  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng
  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak
  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas
  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum
  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan
  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)
Bahan makanan lain seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, ikan salmon, bawang putih, bayam, margarin, teh dan cokelat terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
Selain itu, terdapat beberapa jenis buah yang dapat menurunkan kadar LDL atau yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Silakan klik next untuk melanjutkan.

Menurunkan Kolesterol
Terdapat beberapa jenis buah yang dapat menurunkan kadar LDL atau yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat, seperti :
  • Jeruk nipis. Jeruk nipis banyak mengandung flavonoid, yaitu senyawa yang mampu memproduksi LDL. Flavonoid dapat pula diperoleh dalam teh, brokoli, tomat, kedelai, bawang berlapis-lapis seperti bawang bombay, bawang merah, serta buah delima.
  • Apel. Serat larut yang banyak terdapat dalam apel merupakan sumber beta glucan. Di dalam tubuh, beta glucan ikut berperan mengontrol penyerapan dan produksi kolesterol. Sumber lain pepaya, buah-buahan yang dimakan beserta kulitnya (apel dan pir), wortel, kapri, dan sayur-sayuran polongan lain (buncis, kecipir dan kacang panjang) polong-polongan kering (kacang hijau, kacnag merah, dan kacang tolo), serta beras merah.
  • Jambu biji. Sama seperti semangka merah dan tomat merah, jambu biji merah kaya akan likopen yang ikut berperan dalam mengendalikan produksi kolesterol.
  • Alpukat. Asam pantotenat merupakan senyawa paling menonjol dalam alpukat yang berperan meredam kolesterol darah.
  • Mangga. Vitamin C banyak terdapat dalam buah mangga. Vitamin C mencegah kolesterol jahat teroksidasi sehinga menghindarkan terbentuknya plak di dinding pembuluh darah.
  • Blueberry. Menurut para ahli kesehatan di Amerika, buah blueberry dapat dijadikan salah satu buah untuk membantu para pasien yang menderita kolesterol tinggi. Hal ini dibuktikan karena adanya kandungan senyawa  pterostilbene yang memiliki fungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh.
  • Anggur. Buah anggur mengandung zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.
Jika pada pemeriksaan ulang(evaluasi) setelah 3 bulan melakukan modifikasi gaya hidup, yaitu dengan memperbaiki pola makan dan oleh raga tidak dapat menurunkan kadar kolesterol maka diperlukan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol. Namun untuk dapat memilik obat yang tepat perlu diketahuo profil lipid(kolesterol) Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Anda juga dapat membaca lebih lanjut mengenai serba-serbi penyakit yang terkait dengan kolesterol dan tips mengatasinya pada Rubrik Kolesterol yang kami miliki.
Sebaiknya telur ayam kampung dimasak sampai matang untuk mencegah infeksi bakteri yang berasal dari telur. Jika ingin mengkonsumsi telur setengah matang, pilihlah telur yang sudah dipasteurisasi. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya lebih banyak konsumsi putih telurnya dibanding kuning telur.
Untuk diet yang tepat untuk mencegah kolesterol dapat Anda temukan dalam artikel artikel berikut ini.
Kunjungi juga Rubrik Kolesterol yang kami miliki untuk informasi lengkap seputar kolesterol. 

Sumber : http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/kolesterol/semua-pertanyaan/menurunkan-kolesterol-telur-ayam/menurunkan-kolesterol-telur-ayam/1


1 comment:

  1. Terimakasih atas informasi nya, artikel ini sangat bagus silahkan kunjungan balik ke webbsite saya cara klaim asuransi prudential.

    ReplyDelete