Tuesday, March 25, 2014

Yang perlu anda ketahui seputar tidur

Seberapa banyak yang anda ketahui tentang efek tidur bagi sejumlah kegiatan harian kita, dan sebaliknya? Penelitian baru sampai saat ini masih berupaya menguak manfaat memejamkan mata itu untuk kesehatan kita.
Tidur dan… BELAJAR
Bergadang sebelum ujian atau proyek penting bukan hal yang aneh. Tetapi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa tidur merupakan bagian penting untuk menyimpan informasi baru. Dua ahli tidur asal Amerika Serikat yang membahas hal itu dalam jurnal Nature Neuroscience menyebut proses pengorganisasian dan penyandian yang terjadi dalam otak sebagai “penyortiran memori yang tergantung dengan tidur.”  Kebanyakan proses belajar terjadi saat kita terjaga memang, tetapi bentuk-bentuk pemrosesan memori tertentu hanya dapat berlangsung ketika seseorang terlelap.

Tidur dan… SUARA
Bukan berita bahwa salah satu faktor yang paling memengaruhi tidur adalah bunyi-bunyian. Tetapi jenis bunyi yang memengaruhi tidur tak harus selalu yang jelas, seperti anjing peliharaan atau anak-anak remaja tetangga Anda.

Bunyi – dalam kebanyakan kasus berupa suara lalu lintas – menempati posisi kedua setelah polusi udara sebagai faktor lingkungan yang secara negatif memengaruhi kesehatan. Begitu menurut laporan dari Joint Research Centre Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Komisi Eropa. Laporan yang dipublikasikan pada 2011 itu menyimpulkan, setidaknya satu juta tahun kehidupan yang sehat hilang pada populasi urban di Uni Eropa gara-gara bunyi-bunyian.

Tidur dan… ALKOHOL
Menurut kepercayaan umum, segelas atau dua gelas minuman beralkohol bisa membuat Anda mengantuk. Para peneliti dari London Sleep Center di Inggris menganalisis 38 penelitian yang melibatkan alkohol dan tidur pada lebih dari 500 orang selama lebih dari lima dekade. Mereka menemukan, memang betul kalau minuman beralkohol dapat membantu Anda tertidur, tetapi tidur itu tidak bertahan lama atau bersifat merestorasi, seperti halnya jika Anda tertidur dalam keadaan tak mabuk.


Nah, meski Anda tak harus menjalani ujian keesokan hari, dan tinggal di lingkungan rumah yang sangat sunyi, tak ada salahnya Anda juga berupaya tidur lebih cepat malam ini. Anda akan merasakan sendiri manfaatnya saat bangun tidur pada pagi sesudahnya, lho.

Sumber : http://www.readersdigest.co.id/sehat/info.medis/yang.perlu.anda.ketahui.seputar.tidur/005/001/305

No comments:

Post a Comment