GuidePedia

0
Beberapa jenis makanan berikut akan membantu meningkatkan metabolisme Anda dan membuat anda merasa lebih kenyang. Jika Anda memiliki kebiasaan makan makanan sampah (junk food), cara terbaik membatasinya dengan mengganti (substitusi) makanan berikut ke dalam daftar makanan diet anda!


1. Makanan berserat
Semua bahan makanan nabati, seperti bagi mereka yang sukses menurunkan berat badan dengan diet tinggi serat adalah memasukkan sayur-sayuran hijau ke dalam menu makanan dietnya. Untuk beberapa alasan, serat sangat efektif membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Hal ini membuat Anda merasa kenyang dan makan lebih sedikit.
Makanan serat tinggi memakan waktu lebih lama untuk dicerna. Metabolisme meningkat karena kerja tubuh untuk  mencerna makanan ini.
Berikut daftar yang dapat anda pilih. Tidak ada urutan tertentu atau prioritas yang mana yang terbaik. Anda dapat menentukan sesuai selera dan kebutuhan. Sebagai saran cobalah untuk menambah atau meningkatkan jumlah semua makanan diet anda.
a. Apel
Manfaat Apel sangat banyak untuk makanan diet anda. Pektin (salah satu zat dalam apel) membuat anda merasa lebih kenyang. Ini adalah cara yang efektif untuk makan lebih sedikit. Selain itu, pektin sebenarnya berfungsi menyerap lemak serta gula setelah mengkonsumsi karbohidrat
Apel di pagi hari saat sarapan atau mencobanya sebagai snack tengah hari adalah waktu yang dapat anda pilih. Ga usah banyak-banyak, 1 aja cukup.
Pektin yang ada pada apel dapat menurunkan nafsu makan Anda secara alami. Apel sebagai makanan sehat banyak sekali digunakan sebagai makanan pengganti untuk diet. Selain itu, kandungan serat yang ada pada apel pasti akan menjaga Anda tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Apel memang telah dikenal luas sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.
b. Alpukat
Alpukat adalah bukti bahwa makanan diet tidak selamanya harus rendah lemak untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting. Ketika Anda makan alpukat Anda dapatkan vitamin B, kalium, vitamin E, dan lutein.

c. Paprika (atau sayuran hijau lainnya)
Sayur-sayuran hijau (seperti paprika) memiliki fungsi mempercepat metabolisme. Di Negara barat, paprika sering diolah menjadi salad yang menarik dan lezat, sehingga kita dapat asumsikan bahwa makanan diet sehat tidak selalu hambar.
Sayuran adalah makanan yang rendah kalori. Selain itu sayuran seperti brokoli, asparagus, bayam memiliki efek termal dalam tubuh. Maksudnya adalah sayuran ini tidak mungkin disimpan sebagai lemak karena kalorinya telah habis digunakan dalam proses pencernaan.
Sayuran hijau juga mengandung kadar serat yang tinggi. Serat ini berfungsi sebagai anti oksidan, vitamin, mineral dalam jumlah yang minim dan yang pasti serat akan memberikan rasa kenyang. Sayuran hijau cocok sekali digunakan sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.
d. Brokoli
Berbeda dengan paprika, brokoli mempunyai peran yang lain. Brokoli adalah makanan diet antikanker yang kuat, tinggi kalsium, besi, magnesium, vitamin A, dan vitamin C.

2. Kacang Kacangan
Protein memiliki index kenyang tertinggi dibanding bahan makanan lainnya dan kacang adalah salah satu sumber protein nabati yang baik. Selain itu kacang juga mengandung serat yang tinggi pula. Untuk mencerna kacang tubuh memerlukan waktu yang lebih lama hasil akhirnya adalah anda akan merasakan kenyang yang lebih lama ketika mengkonsumsi makanan sehat ini.

3. Susu rendah lemak
Susu rendah lemak dan produk olahan susu yang rendah lemak seperti keju dan yogurt merupakan sumbel kalsium yang baik. Jika kita tidak mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang cukup, maka tubuh akan melepaskan senyawa calcitrol yaitu suatu hormon yang akan memicu terjadinya penyimpanan lemak. Susu telah dikenal sebagai produk makanan sehat. Pilihlah susu rendah lemak sebagai makanan sehat untuk diet.

4. Ikan
Ikan, seperti halnya kacang kacangan juga sebagai salah satu makanan sehat sumber protein. Kacang mengandung protein nabati sedangkan ikan mengandung protein hewani.
Ikan seperti mackarel, hering, tuna, salmon mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini akan membantu menurunkan kolesterol Anda dan juga akan mempercepat metabolisme Anda. Cara membuat makanan sehat dengan ikan pun ikut menentukan kualitas makan sehat itu sendiri. Dipanggang atau dikukus adalah lebih baik daripada di goreng ataupun di bakar.

Post a Comment

 
Top