Monday, March 4, 2013

Cara Mudah berhenti merokok

Berhenti merokok adalah paling sulit bagi para laki-laki, tetapi sebenarnya kalau kita memiliki keinginan yang kuat untuk berhenti bisa saja kita menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Berikut adalah 10 tips untuk cepat berhenti merokok:

  1.  Mantapkan niat untuk berhenti dan carilah penyebab mengapa Anda mulai merokok. Siapkan sebuah diary selama program dan tulislah alasan dan keuntungannya jika Anda berhenti merokok. Diary atau jurnal ini akan sangat membantu dalam memantau perkembangan Anda.
  2. Tentukan target Anda, dimulai dari tanggal mulai sampai dengan tanggal selesai, jalankan program berhenti merokok ini secara disiplin selama 2 minggu. Pastikan Anda menyibukkan diri dengan kegiatan positif yang jauh dari lingkungan perokok.
  3. Jika ragu, mintalah petunjuk dokter tentang produk-produk yang bisa membantu seperti nicotine patch (tempelan nikotin), dosis dan cara penggunaannya.
  4. Carilah seorang partner; teman, family atau kolega yang hendak berhenti merokok juga. Melakukannya bersama-sama akan sangat membantu dalam hal motivasi dan saling mengingatkan selama program. Rencanakanlah kegiatan bersama, seperti fitness, olahraga, acara santai dengan keluarga, dsb.
  5. Beritahukan kepada keluarga, teman dan kolega bahwa Anda sedang dalam program berhenti merokok. Mintalah dukungan mereka agar Anda bisa berhasil menghentikan kebiasaan merokok ini.
  6. Buatlah sebuah rutinitas seperti fitness pada hari tertentu dan ubahlah pola diet Anda agar mendukung program untuk berhenti merokok. Olahraga adalah alternatif sehat yang dapat membantu melepaskan stress dan meningkatkan stamina. Makanan sehat seimbang bernutrisi akan membantu Anda menghilangkan keinginan untuk merokok.
  7. Carilah penyebab atau godaan kebiasaan merokok Anda, apakah itu kebiasaan setelah makan, stress, saat bersantai bersama teman di café. Hindarilah godaan-godaan ini selama program. Jika tidak memungkinkan, carilah solusi untuk saat Anda dihadapkan pada situasi tersebut.
  8. Persiapkanlah diri menghadapi saat Anda mengidamkan sebatang rokok. Cobalah mengalihkan perhatian Anda dengan menarik nafas dalam-dalam, berjalan mencari udara segar, atau sibukkanlah diri Anda dengan kegiatan lain supaya tidak lagi terfokus pada keinginan merokok. Ingatlah bahwa saat mengidam ini hanya akan berlangsung sebentar saja.
  9. Jika Anda merasa berat melakukannya sendiri, carilah seseorang yang dapat Anda percaya untuk membimbing dan mensupport Anda. Percayalah bahwa Anda akan berhasil berhenti merokok dengan dukungannya.
  10. Berpikirlah selalu yang positif, bahwa Anda akan berhasil. Mindset atau pola pikir juga sangat menentukan keberhasilan program untuk berhenti merokok.

Source : http://www.tipsdietcepat.com/cara-cepat-berhenti-merokok

No comments:

Post a Comment