Friday, March 22, 2013

Diet Bagi Ibu yang baru melahirkan

 Setelah melahirkan badan ibu menjadi lebih gemuk dari biasanya, biasanya seorang ibu setelah melahirkan banyak yang melakukan diet. Apabila pada saat melakukan diet yang tidak sehat dapat mengganggu asi gizi untuk bayi yang baru dilahirkan. sehingga dalam diet yang sehat buat ibu yang masih menyusui anaknya harus mempertimbangkan makanan yang dimakannya agar gizi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi asi tetap berjalan.


Diet Bagi Ibu yang baru melahirkan

Berikut ini adalah diet yang sehat bagi ibu yang baru melahirkan,  yaitu:

1. Produk susu
Produk susu seperti yogurt, keju dan susu kaya akan kalsium dan sumber terbaik untuk vitamin B, D dan protein. Ibu menyusui yang mendapatkan kalsium dari susu menjamin pengembangan dari tulang bayi yang baru lahir sehingga sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi

2. Blueberry
Buah ini kaya akan antioksidan, pasokan vitamin, mineral dan karbohidrat yang baik untuk tubuh sehingga memastikan pasokan energi yang tepat sepanjang hari, oleh karena itu sangat baik bagi ibu yang menyusui dalam menambah gizi dalam ASI yang dihasilkan

3. Telur
Telur bisa memasok kebutuhan protein harian tubuh, putih telur mengandung protein yang baik sedangkan kuning telur mengandung vitamin D yang berkontribusi terhadap kesehatan tulang bayi.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau merupakan sumber zat besi yang baik dan juga protein nabati.

5. Beras merah
Mengurangi karbohidrat bisa menyebabkan produksi energi dan susu pada ibu menyusui lebih sedikit. Untuk itu konsumsi nasi merah agar produksi energi tetap meningkat sehingga bisa memasok kalori yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi susu.

6. Salmon
Salmon bisa melengkapi lemak DHA yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan sistem saraf bayi, serta berperan dalam mencegah depresi setelah melahirkan (postpartum).

7. Jeruk
Jeruk dan buah citrus lainnya merupakan sumber penting dari vitamin C dan juga komponen dalam menyusui.

8. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, bok choi atau sayuran katuk kaya akan kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi dan juga antioksidan yang baik untuk ibu baru melahirkan.

No comments:

Post a Comment